Rabu, 26 September 2012

Definisi Intranet dan Internet

Intranet adalah jaringan komputer yang saling tersambung, digunakan oleh suatu sistem organisasi dengan luas tertentu. Misalnya, jaringan komputer PT. Telkom seluruh Indonesia. Jadi, Intranet bisa dikatakan "Internet khusus".

Intranet berfungsi mengkomunikasikan komputer satu dengan yang lain seperti Internet, tetapi layananya terbatas, tidak seluas dan seberagam Internet.
Manfaat yang dapat diperoleh dengan adanya jaringan Intranet, antara lain akses informasi menjadi lebih cepat, dapat melakukan tukar data, komunikasi menjadi lebih lancar dan dapat mendukung perwujudan paperless (penyelesaian pekerjaan tanpa kertas).

Kelebihan
Kebutuhan intranet didorong oleh beberapa tekanan teknologi yaitu :
  • Intranet menjadi alat bantu untuk meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan produk industri
  • Intranet lebih meningkatkan tanggapan terhadap keluhan dan kebutuhan pelanggannya.
  • Intranet mampu menurunkan biaya atas kebutuhan informasi kolaborasi, workflow, dan enterprise connectivity.
  • Intranet mendapat banyak keuntungan karena adanya suksesnya dukungan world wide web yang memungkinkan penggunaan yang luas karena digunakan masyarakat luas yang menggunakan internet. Caranya adalah dengan membuat website. Intranet menjadi tren saat ini karena kefleksibelan webnya yang mudah digunakan.

Manfaat untuk sekolah
Manfaat penggunaan intranet untuk sekolah :
  • Membantu dalam membuat pengajaran, pembelajaran di sekolah lebih mudah
  • Membantu dalam mengembangkan kurikulum yang akan mempersiapkan siswa untuk masa depan
  • Memberikan siswa lebih banyak informasi untuk menambahkan kurikulum pengajaran
  • Membantu dalam mengidentifikasi informasi yang diperlukan dan berkualitas tanpa membuang-buang banyak waktu
  • Membantu dalam mengidentifikasi kebijakan yang relevan dan praktek profesional perpustakaan di negara-negara maju di tingkat sekolah.




Internet (kependekan dari interconnection-networking) secara harfiah ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

Internet sering juga diartikan sebagai jaringan komputer diseluruh dunia yang berisikan informasi dan sebagai media komunikasi data yang berupa suara, gambar, video dan teks. Informasi ini dibuat oleh penyelenggara atau pemilik jaringan komputer yang menitipkan informasinya kepada penyedia layanan Internet.
Sama seperti halnya sebuah komunitas, Internet juga mempunyai tata tertib tertentu, yang dikenal dengan nama Nettiquette atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah netiket. Untuk di Indonesia selain tata tertib sosial di Internet juga diberlakukan peraturan (UU ITE).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar