Rabu, 26 September 2012

Layanan di Internet

1. Surat Elektronik (e-mail/electronic mail)

Surat elektronik (electronic mail) yang lebih terkenal dengan sebutan e-mail, merupakan layanan Internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik.
Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Tapi ada perkecualian misalnya surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman.
Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan 'mainframe' yang terbentuk sebagai jaringan. Mulai tahun 1980-an, surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi.


2. Mailing List

Mailing List sering disebut juga milis. Milis adalah layanan Internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam suatu kelompok/grup melalui e-mail. Milis sangat cocok untuk koordinasi atau pemeliharaan komunitas-komunitas sesuai dengan minat dan kompetensinya. Misalnya saja milis alumni SMP 1 Jatiwangi angkatan 2012.
Setiap e-mail yang dikirim anggota milis akan dikirimkan ke seluruh alamat e-mail yang terdaftar sebagai anggota milis tersebut secara otomatis. Dengan demikian, setiap anggota akan mendapatkan informasi yang sama. Ini sangat cocok untuk undangan secara bersama, misalnya reuni.


3. Newsgroups

Newsgroups merupakan salah satu layanan discussion groups yang ada di Internet. Tidak seperti milist, newsgroups menggunakan komputer jaringan khusus yang disebut Usenet. Setiap komputer terdapat berbagai newsgroups yang diatur berdasarkan satu topik general yang kemudian dibagi menjadi beberapa subtopik dibawahnya.
Contoh newsgroups : rec.arts.cinema
rec adalah topik utama, arts adalah subtopik dan cinema adalah sub-subtopik.


4. Internet Relay Chat (Chatting)

Chatting merupakan layanan dari Internet yang digunakan untuk bercakap-cakap/berkomunikasi secara tekstual (berupa tulisan yang diketik). Apabila perangkat komputer dilengkapi dengan WebCam, pengakses dapat bercakap-cakap sambil melihat gambar lawan bicaranya.
Manfaat chatting bagi individu maupun perusahaan, diantanranya adalah :
  1. sarana untuk mencari kawan
  2. tempat berkumpulnya orang yang memiliki kegemaran sama
  3. menghemat biaya
  4. dapat digunakan untuk telekonferensi
  5. berfungsi sebagai wadah tukar pikiran dan sharing pendapat secara interaktif
  6. tidak membutuhkan ruangan dalam bertemu


5. File Transfer Protocol (FTP)

Layanan ini digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file dari komputer lain atau sebaliknya. Layanan FTP diantaranya digunakan untuk Upload (Mengirim/mengunggah file ke Internet) dan untuk Download (Mengambil/mengunduh file dari Internet).


6. Telnet (Tele Networking)

Beberapa server di Internet memperbolehkan kita untuk mengaksesnya dan menjalankan beberapa program yang diinstal pada komputer itu. Layanan ini disebut sebagai telnet. Penggunaan server ini sama seperti kalau kita melakukannya pada komputer di jaringan lokal.
Contohnya : spacelink.msfc.nasa.gov, adalah layanan telnet gratis dari NASA tentang sejarah dan seluk beluk NASA.
 


7. Gopher

Gopher adalah aplikasi perangkat lunak yang tesusun atas untaian menu sistem pencarian dan penemuan kembali. Situs Gopher adalah komputer yang menampilkan menu-menu yang mewakili data dan informasi yang tersedia. Secara mendasar, menu-menu ini adalah daftar isi untuk mengolah dan menunjuk ke sebuah informasi tertentu. Layanan ini menggunakan FTP untuk pertukaran file dan Telnet untuk koneksi dengan server tertentu.


8. World Wide Web (WWW)

WWW adalah layanan internet yang paling banyak dikenal orang dan paling cepat perkembangan teknologinya. Layanan ini menggunakan link hypertext yang disebut hyperlink untuk merujuk dan mengambil halaman-halaman web dari server. Halaman web dapat berisi suara, gambar, animasi, text, dan program perangkat lunak yang menyusunnya menjadi dokumen yang dinamis. Pengguna dapat melihat World Wide Web dari sebuah browser yaitu program yang dapat menampilkan HTML (skrip halaman web).


9. Blog (Web Log)

Sebuah blog adalah situs web yang artikel diposkan secara berkala dan ditampilkan dalam urutan kronologis mundur. Istilah blog adalah singkatan dari weblog atau web log. Mengarang blog, memelihara sebuah blog atau menambahkan artikel ke blog yang sudah ada disebut “blogging“. Masing-masing artikel pada sebuah blog disebut “tulisan blog”, “tulisan” atau “masukan”. Orang yang menulis atau memasukkan dan memelihara tulisan di blog disebut “blogger“. 
Sebuah blog terdiri dari teks, hypertext, gambar, dan link (ke halaman web dan video, audio dan file lainnya). Blog menggunakan dokumentasi dengan gaya percakapan. Seringkali blog fokus pada “wilayah kepentingan” tertentu, seperti politik yang sedang berlangsung, dan beberapa blog mendiskusikan pengalaman pribadi.

10. Jejaring Sosial (Social Networking)

Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik, seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan dan lain-lain. Situs jejaring sosial diawali oleh Classmaters.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan teman sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung.
Jejaring sosial telah mengubah cara orang berkomunikasi dengan orang lain, seperti keluarga, teman dan orang lain secara online.
Diantara situs jejaring sosial luar antara lain : Facebook, MySpace, YouTube, Twitter dan Flickr. Jejaring sosial buatan anak negeri ini diantaranya adalah Helloicu.com, Salingsapa.com dan Kongkoow.com.

1 komentar: